Senin, 15 September 2014

INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN KOMPUTER

Interkoneksi antar komponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan antar komponen dalam sistem komputer  yang disebut bus.

Bus sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu :

  • Bus alamat (address bus) : berisi  16, 20 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini. Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat.
  • Bus data (data bus) : berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirecctional) . CPU dapat membaca dan mengirim dari/ke memori atau port. Banyak perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.
  • Bus kendali (control bus) : berisi 4-10 jalur siny paralel. CPU mengirim sinyal-sinyal pada bus kendali untuk memerintahkan memori atau port. Sinyal bus kendali antara lain : Memory Read (pembacaan dari memori), Memory Write (penulisan dari memori), I/O Read (pembacaan dari port I/O), I/O Write (penulisan ke port I/O).



Mekanisme pembacaan : Untuk membaca data suatu lokasi memori, CPU mengirim alamat memori yang dikehendaki melalui bus alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus kendali. Sinyal tersebut memerintahkan ke perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi tersebut ke bus data agar bisa dibaca CPU.

Interkoneksi antar komponen membentuk satu sistem sendiri, seperti ISA (Industry Standart Architechture), EISA (Extended ISA), dan PCI (Peripheral Component Interconnect).

Secara fisik, Interkoneksi antar komponen berupa "perkawatan"
Memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.


sumber : http://www.itechgraph.com/blog/computerizing/4-komponen-dalam-sistem-komputer/#more-941

0 komentar:

Posting Komentar