Minggu, 14 September 2014

ARSITEKTUR SISTEM KOMPUTER

Komputer merupakan salah satu kebutuhan mutlak bagi kehidupan di masa ini dimanakomputer sendiri memiliki sistem dan arsitektur yang cukup rumit dan kompleks.

Komputer adalah alat yang sudah sangat sulit dipisahkan bagi kehidupan manusia saat ini, tak terkecuali bagi mahasiswa. Komputer merupakan teknologi penunjang yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas-tugasnya.Selain untuk mengerjakan tugas, aplikasi dalam komputer seperti game, musik, dan vidio sangat membantu mahasiswa membangun mood yang baik. Komputer sudah menjadi kebutuhan dasar untuk para mahasiswa di era globalisasi ini.
Karena meningkatnya minat masyarakat menggunakan komputer dalam kehidupannya, maka muncul berbagai terobosan baru dalam bidang teknologi komputer.Mulai dari abaccus(300M),harvard mark 1’37,ENIAC’42 (sistem binari digit 8bit), Kit Altair 8800, yang melewati berbagai generasi,  pentium 1, pentium 2, pentium 3, laptop, netbook dan sekarang ini mulai bermunculan iphone, tablet dan sebagainya.
Arsitektur Komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu program.
Arsitektur komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer. Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi. Arsitektur komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri. Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh computer setiap detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk mempermudah pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka frekuensi, misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di pasaran dikeluarkan Intel adalah 3,2 GHz. Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer sehingga bisa digunakan untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama bisa mengakses dengan lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang besar. Hal tersebut berkaitan dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan yang biasanya digunakan untuk pengaksesan suatu program (swap).
Pada jaman modern saat ini, hampir semua komputer mengadopsi arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann (1903-1957). Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Pada dasarnya komputer arsitektur Von Neumann adalah terdiri dari 4 elemen utama yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu:
  1. Central Processing Unit (CPU): Bertugas untuk melakukan kontrol dari setiap operasi yang berjalan pada komputer, terkadang secara mudah CPU dapat dikatakan sebagai processor.
  2. Main memory: Penyimpanan data.
  3. I/O: Merupakan penghubung komponen komputer dengan lingkungan seperti keyboard, mouse yang digunakan oleh pengguna.
  4. System interconnection: Mekanisme yang memberikan layanan untuk berkomunikasi antara CPU, Main memory dan I/O. Contoh system interconnection adalah system bus.

Arsitektur komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
Meski konsep ini dikemukakan oleh Jhon Von Neumann kemudian dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 – 1995) dan Jhon William Mauchly(1907 – 1980) dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer. 
Dari waktu ke waktu wajah arsitektur selalu mengalami perubahan , tidak hanya keadaan eksternal tapi juga keadaan internal. Sehingga sekarang ini komputer sudah dapat mengeksekusi perintah yang sulit pun, tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan perintah sederhana. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk, fungsi, juga kemampuannya.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar