Senin, 22 September 2014

CONTROL UNIT

Adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/kontrol terhadap operasi yang dilakukan dibagian ALU di dalam CPU yang di tuntun oleh Clock/pewaktu.


Control unit terdiri dari :

  1. Control Memory
  2. Control Register dan Decoder
  3. Sequencing Logic



A. Control Memory, adalah bagian dari RAM yang terdiri atas register penyimpanan yang dialamatkan. Hal ini digunakan terutama pada mini dan mainframe komputer. Control Memory juga digunakan sebagai penyimpanan sementara untuk data. 

Akses menuju control memory data membutuhkan waktu yang lebih sedikit daripada menuju main memory, hal ini tentu mempercepat operasi CPU dengan mengurangi jumlah referensi memori untuk penyimpanan data dan penganmbilan. 

Akses tersebut dilakukan sebagai bagian dari urutan Control Section, sementara itu di lain sisi master Clock Oscillator juga berjalan.





B. Sequencing Logic, adalah jenis sirkuit logika yang outputnya tidak tergantung pada nilai sekarang dari sinyal input tapi pada sejarah masa lalu inputnya. Artinya Sequencing Logic ini mempunyai memori atau dengan kata lain sequencing logic adalah logika combinational dengan memori. 

Terdapat dua jenis Sequencing Logic, yaitu sinkron (keadaan perangkat hanya berubah pada waktu diskrit menanggap sinyal Clock) dan asynchoronus (keadaan perangkat dapat berubah sewaktu-waktu dalam menanggap[i perubahan input).




C. Control Register dan Decode, Register adalah control yang digunakan untuk menentukan operasi mikro mana yang akan dilakukan selama siklus eksekusi. Decode adalah urutan langkah oleh Prosesor setelah Fetch (pembacaan intruksi) dimana Control Unit harus menerjemahkan isi dari intruksi yang telah di fetch untuk kemudian di Execute (eksekusi/laksanakan).



sumber :


http://pongset.blogspot.com/2012/05/control-unit-dan-cara-kerjanya.html


http://www.answers.com/Q/Definition_of_control_memory_in_computer_system_architecture


http://en.wikipedia.org/wiki/Sequential_logic

0 komentar:

Posting Komentar